Senin, 27 April 2009

Pentingnya Bahasa Asing dalam Kehidupan
Oleh: Sumiasih, S. Pd

Language is mirror of the society
And the mean of which the knowledge spread out through it

Bahasa merupakan media untuk menyampaikan ide atau gagasan dan suatu maksud yang digunakan dalam bentuk tulisan dan lisan. Hal tersebut menunjukkan bahwa bahasa merupakan alat komunikasi yang sangat vital, terlebih dalam kehidupan dunia abad global ini.
Kemajuan dan perkembangan dunia ilmu pengetahuan setidaknya di dukung oleh dua unsur penting: pertama, yang terkait dengan bangunan pengetahuan itu sendiri, yaitu, research atau kegiatan penelitian. Kedua, yang terkait dengan penyebaran hasil-hasil temuan peneliatian itu. Dalam hal ini adalah sistem informasi yang di dalamnya bahasa mempunyai peran yang sangat penting. Oleh karena itulah kemajuan suatu bangsa dan kiprahnya dalam interaksi bersama-sama masyarakat dunia yang lain ditentukan oleh sampai sejauh mana bangsa tersebut menghargai dan menguasai informasi.
Ungkapan diatas bukan lagi sebuah ramalan tetapi adalah fakta yang harus segera ditindak lanjuti. Penguasaan bahasa asing – Inggris dan Arab – bagi pelajar muslim oleh karenanya adalah satu keharusan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi.
Penguasaan terhadap bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar di banyak lapangan kehidupan saat ini bagi para pelajar sedikitnya akan memberikan tiga manfaat yang akan mendukung masa depan mereka: pertama, dengan kecakapan berbahasa Inggris yang baik para pelajar akan mampu mengakses beragam informasi di banyak media massa baik lokal maupun internasional. Kedua, memperkaya cara pandang dan wawasan (horison) para pelajar. Dengan menguasai bahasa Inggris, mereka akan lebih banyak memilki kesempatan untuk berinteraksi secara budaya, ekonomi dan sosial dengan bangsa-bangsa lain. Ketiga, terbukanya kesempatan kerja yang lebih luas bagi mereka (pelajar) yang menguasai bahasa Inggris kelak bila mereka telah menyelesaikan studi mereka.
Penguasaan terhadap bahasa Arab juga tidak kalah pentingnya, bukan saja bagi kaum muslim dimana peran dan fungsi bahasa adalah sebagai bahasa ritual agama tetapi lebih dari itu bahasa Arab adalah bahasa Internasional dan termasuk dalam lima bahasa resmi dalam forum PBB. Dengan demikian, bahasa Arab tidak dapat semata-mata dianggap sebagai bahasa agama tetapi dalam lapangan yang luas ia adalah bahasa ekonomi, politik, sosial dan budaya. Bangsa Arab dan budayannya adalah eksistensi yang mendiami seperempat lebih dari eksistensi bangsa dan budaya lain di dunia.
Oleh karena itu, sekali lagi penguasaan terhadap dua bahasa ini adalah satu keniscyaan. Penguasaan dua bahasa ini adalah kunci menjadi generasi yang melek informasi, cerdas, dan berwawasan. Itu pasti !

0 komentar:

Posting Komentar