Senin, 27 April 2009

MANAGEMEN QOLBU (MQ)
Pemateri: Nuryadin, S.Pd.I
Selasa, 25 Juli 2006 (20.00-21.00 WIB)

“Sesungguhnya dalam jasad seseorang terdapat segumpal daging. Jika segumpal daging tersebut baik, maka baik pula seluruh jasadnya (perilaku dirinya). Namun jika buruk, maka buruk pula seluruh jasadnya (seluruh perilaku dirinya).
Sabda Rasulullah tersebut mengisyaratkan bahwa hati adalah pusat dari baik-buruknya segala aktivitas manusia. Hati ibarat remote control yang dapat membawa manusia ke arah mana pun. Apakah akan dibawa ke jalan Allah atau ke jalan setan? Ke jalan keadilan atau kezaliman? Ke jalan kebenaran atau kesesatan? Remote control itulah yang menentukan ke arah jalan manakah diri ini akan dibawa.
Oleh karenanya, hati harus dikelola, dibina, diatur, dan diarahkan ke arah kebaikan. Ternyata bukan hanya perusahaan atau perkantoran yang membutuhkan managemen, hati pun tidak dapat dilepaskan dari pengelolaan/managemen. Bahkan hati malah lebih sangat membutuhkan managemen daripada yang lain.
Banyak sekali para jutawan atau milyarder yang berlimpahkan harta dan benda. Mererka adalah orang-orang kaya, namun seringkali kekayaan materi yang mereka miliki tidak diimbangi dengan “kekayaan hati”. Hidup mereka tidak tenang, penuh kecemasan, dan kegelisahan. Hal ini karena mereka tidak dapat menata hati, tunduk dan taat pada Ilahi.
__ ** __

0 komentar:

Posting Komentar